MENGENAL CHARLOTTE MASON SEBAGAI METODE PENDIDIKAN

Narasi buku “Cinta Yang Berpikir”, Ellen Kristi, Bagian Prolog, Selesai.

Pertama kali mengenal nama Charlotte Mason (CM) dari sebuah buku. Saya sangat terkesan dengan Quote yang beliau sampaikan. Dari situlah awal mula pencarian segala sesuatu tentang CM. Sampai dipertemukan dengan buku cinta yang berpikir karya Ellen Kristi. Bagi saya CM adalah contoh nyata seseorang yang berkepribadian luhur dan nyata dalam berbuat. Seperti yang Beliau katakan bahwa tujuan mendidik anak seharusnya agar anak itu tumbuh menjadi pribadi yang berwawasan luas dan penuh dengan ide ide besar serta berkarakter luhur berkat tertanamnya kebiasaan- kebiasaan baik. CM tidak hanya mendengungkannya tapi juga membuktikannya. Dedikasinya sebagai guru tidak bisa dipungkiri. Kecintaannya kepada anak-anak dibuktikan dengan melakukan riset bertahun- tahun tentang sebuah pendidikan yang luhur. Pendidikan yang mengutamakan anak-anak. Pendidikan yang menuntut orangtua bertanggung jawab langsung pada anak-anaknya. Sebuah model pendidikan yang bisa memuliakan pikiran semua anak tanpa mengabaikan latihan jasmani maupun ketrampilan praktis. CM adalah contoh nyata seorang yang mengerti perannya sebagai hamba Tuhan dan melakukan segala yang terbaik untuk Tuhan.

CM menyadarkan saya bahwa anak adalah pribadi yang utuh, terlahir lengkap dengan berbagai hasrat, emosi, hati nurani dan bakat. Tugas saya sebagai orang tua adalah menemaninya bertumbuh, membantunya menemukan kekuatan dirinya dan mengatasi kelemahan-kelemahan bawaannya.

CM menyadarkan saya, bahwa menjadi orangtua adalah sebuah amanah yang mulia. Harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Karena pertanggungjawabannya langsung kepada Tuhan.

CM menyadarkan saya, anak bukanlah harta karun orangtua. Yang bisa dieksploitasi dan dimanfaatkan sebesar-besarnya demi kepentingan dan kebahagiaan orangtua. Anak adalah anugerah bagi orangtua, jika dan hanya jika orangtua mampu mendidiknya dengan baik. Mendidiknya untuk mengenal dirinya sendiri, mengenal Tuhannya dan menemukan perannya di bumi.

#Charlottemasonindonesia
#CMidbernarasi
#CMidbernarasiNurulFe
#CMidbernarasibukuCYB

Komentar

Postingan Populer