SD Alam Nara Mulia, Alternatif sekolah dasar di Kudus

Setahun lagi Raisa akan memasuki usia sekolah dasar. Sampai saat ini dia masih keukeuh ingin sekolah SD saat usianya 7 tahun. Untuk menghargai pilihannya, mama dan ayah mulai mencari sekolah yang tepat untuknya. Nah, mulai tahun ini di Kudus akan di buka SD baru yang bisa menjadi alternatif. Yaitu,  SD Alam Nara Mulia.

Sabtu, tanggal 4 mei 2019 mama berkesempatan mengikuti acara open house sekolah tersebut. Tentu saja mama tidak melewatkan kesempatan itu. Mama ingin tahu lebih banyak tentang program, visi dan misi sekolah tersebut. Mama mengajak Mamata untuk menemani, tentu saja 2R juga turut serta. Acara dijadwalkan dimulai pukul 09.00-11.30. Tapi kami baru berangkat dari rumah pukul 09.00. Alhamdulillah sampai sana acara belum dimulai.

SD Alam Nara Muria terletak di jalan Kudus - Pati. Tepatnya sebelum lampu merah Ngembal, sebelah kiri jalan. Karena tempatnya di pinggir jalan besar, jadi sangat mudah untuk ditemukan. Jalan pelan-pelan saja menjelang lampu merah agar tidak terlewat. Area sekolah menempati sebuah tanah yang sangat lapang. Bagian depan bangunan dibuat seperti pujasera. Sedangkan ruanh sekolah menempati bagian belakang. Saat ini baru dibangun satu lokal kelas, sedangkan sisa tanah yang ada masih sangat luas untuk pengembangan.

Sekitar pukul 09.30 acara dimulai. Founder SD Alam Nara Mulai, ibu Disria Ariyanti menjelaskan tentang visi dan misi sekolah. Kurikulumnya tetap mengacu pada kurikulum pemerintah, hanya metode pembelajarannya melalui kegiatan di alam. Menghargai anak sebagai pribadi yang unik, dan tidak memaksakan satu gaya belajar saja kepada anak. Setiap anak akan dihargai dengan memberikan stimulasi sesuai dengan keunikan nya tersebut. Selain itu, berbagai kegiatan juga akan diadakan untuk memberikan stimulasi yang beragam kepada anak. Nah, untuk tahu keunikan anak melalui sidik jari.


Setelah founder menjelaskan tentang visi misi. Acara dilanjutkan dengan diskusi parenting yang dibawakan oleh Fadhil Mas Gufron, seorang joyfull school trainer. Beliau menjelaskan tentang “Intervensi Efektif Pada Perkembangan Anak”.
Agar intervensi pada perkembangan anak dapat optimal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:
1. Setiap anak memiliki potensi yang unik
2. Teladan dan contoh orangtua di rumah lebih penting
3. Lingkungan sangat memperngaruhi potensi dan perilaku anak

Bagaimana peran orangtua dalam melejitkan potensi anak? Berikan intervensi secara alami, dengan cara:
1. Modifikasi perilaku ayah bunda (warga rumah)
2. Sediakan fasilitas yang mendukung potensi
3. Sekolah yang memfasilitasi potensi
4. Hadirkan teman sebaya yang mendukung potensi
5. Proteksi-optimalisasi teknologi


Saat anak bisa mengoptimalkan potensinya maka dia bisa sukses di dunia. Sedangkan kunci sukses dunia akhirat harus ada kesinambungan antara Potensi, lifeskill, dan value.
Acara diskusi diakhiri pada pukul 11.30

Nah, bagaimana ni keputusannya setelah ikut open house di Nara Mulia? Sudah mantap untuk menyekolahkan Raisa di sini?
Sejujurnya saya masih bimbang antara ingin melanjutkan Homeschooling atau sekolah. Setidaknya kami masih memiliki waktu satu tahun untuk menimbang dan mengukur kemampuan kami sebagai orangtua. Juga apa yang terbaik untuk Raisa sesuai dengan kebutuhan dan kekhasan pribadinya. Tugas kami saat ini adalah mempersiapkan diri dan terus mengobservasi serta memstimulasi perkembangan Raisa.

Bagi kami, SD Alam Nara Mulia bisa menjadi sekolah alternatif bagi Raisa. Visi dan misinya hampir sama dengan visi misi keluarga kami. Semoga Allah senantiasa membimbing kami. Aamiin
Kudus, 06 Mei 2019

Komentar

  1. Wah, ternyata ada sekolah alam di Kudus. Baru tau 🙈

    BalasHapus
  2. Masyaa Allah baru tau.
    start SD kah ini di Nara Mulia?

    BalasHapus
  3. Berapa biaya masuk dan perbulannya ya bund? Sy pengen bgt masukkan anak sy disana.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer