Raisa dan Masjid


Bagi kita orang dewasa, masjid adalah tempat untuk beribadah, sholat, berdzikit, mengaji atau mendengarkan pengajian

Bagi Raisa (3y), masjid adalah tempat bermainnya, tempat yang luas untuk berlarian kesana kemari, tempat dimana dia bertemu teman2nya, tempat dimana dia bisa mendengarkan suaranya sendiri saat berteriak.

Raisa suka sekali ke masjid, baik masjid yang dekat rumah atau masjid dipinggir jalan saat kita jalan2. Ya...jika lama sekali kami tidak jalan2 jauh, dia pasti akan menanyakan :"mama, kapan kita jalan2 lagi, trus ke masjid, pipis, trus sholat".

Masjid memang menjadi pilihan kami untuk istirahat sejenak ketika lelah mulai mendera saat perjalanan jauh sekalian menunaikan kewajiban kami untuk sholat. Saat pulang mudik ke Banyuwangi (rute terjauh kami saat ini), kami sampai hapal masjid2 yang pernah kami singgahi, dan yang akan kami singgahi lagi jika kami rasa nyaman untuk kami dan anak2.

 Saya tahu apa yang paling membuat Raisa senang singgah di masjid, dia paling suka bermain air ditempat cuci kaki sebelum ke area wudlu (salah satu ciri khas masjid di jawa tengah dan sebagian jawa timur).

Ya...baginya saat ini masjid adalah tempatnya bermain, bereksplorasi, dan bersosialisasi sebagai kebutuhan utamanya di masa kini. Di masa depan, saya berharap semoga masjid tetap menjadi tujuan utamanya.
Kudus, 16 Juli 2017

#odopfor99days20


Komentar

Postingan Populer