Keinginan vs Kebutuhan


Pernahkah kau merasa sangat menginginkan sesuatu dan saat keinginan itu terwujud, semua menjadi biasa saja. Lalu kau mulai menginginkan yang lain, keinginan terwujud dan menjadi biasa saja begitu seterusnya. Setiap hari hidup selalu penuh dengan keinginan, ada yang terwujud ada yang belum terwujud. Keinginan itu yang membuat hidup antusias, semangat, bergelora, bersedih, murung, sekaligus kecewa.

Pernah suatu kali, karena bosan memasak, ingin rasanya makan di luar, memohon kepada suami untuk diajak jalan2 dan terwujudlah keinginan itu, ditanya mau makan apa? Saya malah bingung mau beli makan apa, suami tambah bingung maunya saya apa, wk..wk..
Suatu kali juga pernah ingiiin sekali beli baju, saat sudah diberi uang untuk beli baju, bingung mau beli baju yang seperti apa...

Pun Raisa, setiap hari dia mengungkapkan segala keinginannya, dari ingin pergi ke rumah temannya, ingin beli mainan ini itu sampai keinginannya membeli permen lolipop. Begitu antusiasnya dia menceritakan keinginannya dan membuat berbagai argumen agar keinginannya terwujud. Namun apa yang terjadi? Terwujudnya keinginannya memang membuatnya senang, tapi itu hanya sebentar saja dan dia mulai melupakannya lalu beralih pada keinginan yang lain.

Mungkin memang begitulah jika kita terus memenuhi keinginan, bahagia itu ada tapi hanya kebahagiaan semu. Apalagi jika keinginan itu hanya didasarkan pada nafsu saja, pada sekelebat pikiran saja bukan pada sesuatu yang kita butuhkan. Oleh karena itu, kita harus pandai memilah antara keinginan yang didasarkan pada nafsu dan keinginan yang didasarkan pada kebutuhan.

 Pada anak- anak ketrampilan memilah ini bisa mulai diajarkan dengan selalu bertanya apakah hal ini dibutuhkan atau tidak, sehingga apapun yang di lakukan menjadi lebih terarah dan bermakna.

Ingin beli baju, sekedar ingin atau memang butuh baju baru?
Ingin beli buku, sedekar ingin atau memang butuh buku baru ?
Ingin jalan-jalan, sekedar ingin atau memang butuh jalan-jalan?
Ingin makan-makan, sekedar ingin atau memang butuh makan-makan
Ingin tidur, sekedar ingin atau memang butuh tidur
Ingin beli mainan, sekedar ingin atau memang butuh beli mainan baru
Ingin mobil baru, sekedar ingin atau memang butuh beli mobil baru

Dengan selalu bertanya pada diri sendiri, apakah ini hanya sekedar keinginan atau memang kebutuhan akan lebih mudah untuk mengontrol setiap perilaku kita. Sehingga apapun yang kita lakukan selalu punya tujuan yang berakibat positif setidaknya untuk diri sendiri dan semoga juga untuk lingkungan sekitar.
Kudus, 09 Juli 2017

#menulisuntukbelajar
#menulisuntukmengikatmakna
#sekelebatpikiran
#ODOPfor99days19

Komentar

Postingan Populer