Anak yang "nakal" atau orangtua yang belum bisa mengendalikan diri?


Mencoba mendiskripsikan "kenakalan" anak-anak yang membuat saya jengkel, sedih, kecewa bahkan marah

Saat anak meminta ini itu...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya yang terlalu asyik dengan diri sendiri ?

Saat anak mengganggu adik...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya sedang mengabaikannya?

Saat anak membuat ruangan berantakan dengan mainannya...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya malas merapikannya kembali ?

Saat anak tidak mau makan...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya yang malas membuat menu makan yang beragam agar anak tidak bosan?

Saat anak  menumpahkan air saat minum dan makanan berhamburan saat makan...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya yang kurang sabar membersamainya berproses dalam belajar?

Saat anak bertanya tiada henti...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya yang malas berpikir menemukan jawaban yang memuaskan pertanyaan anak?

Saat anak terus memberikan alasan saat dinasehati...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya yang tidak mau mendengarkan dengan seksama?

Saat anak bolak balik ganti baju...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya yang kurang sabar membersamainya melatih kemandiriannya ?

Saat anak keluar rumah tanpa alas kaki dan masuk rumah dengan kaki kotor...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena standar kebersihan saya yang terlalu tinggi?

Saat anak memilih bajunya sendiri yang tidak matching...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya yang malu dengan tatapan dan omongan orang lain ?

Saat anak terus meminta nonton tv dan vcd...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya yang malas mempersiapkan kegiatan yang beragam untuknya ?

Saat anak sulit diajak tidur...
Apakah anak sengaja ingin membuat saya marah atau karena saya yang sudah ingin tidur?

Ternyata...anak-anak tidak pernah dengan sengaja ingin membuat saya marah, kecewa, jengkel dan sedih. Sesungguhnya mereka senang saat melihat saya senang, bukan senang saat melihat saya marah, kecewa, jengkel atau sedih. Tentu saja saya tetap boleh marah, kecewa, jengkel, sedih tapi alasannya dan caranya harus tepat serta bisa dipertanggungjawabkan. Tapi untuk usia mereka saat ini, rasa-rasanya saya terlalu berlebihan.

Ini tentang saya bukan tentang mereka...
Saya yang kurang sabar,
Saya yang belum mampu berpikir positif,
Saya yang belum mampu menahan amarah,
Saya yang masih egois,
Saya yang belum bisa menghargai pilihannya,
Saya yang masih malas
Saya yang belum kreatif
Saya yang belum bisa memanage waktu dengan baik
Saya yang enggan mendengarkan dengan seksama
Saya yang belum mampu mengendalikan diri

Ya...ini tentang saya bukan tentang mereka
Tentang saya yang harus segera memperbaiki diri.
Kudus, 01 Juni 2017

#menulisuntukbelajar
#menulisuntukinstropeksidiri
#anakkuinspirasiku
#nulisrandom2017
#day1
#ODOPfor99days5

Komentar

Postingan Populer