Ayah...aku kangen


Pagi sebelum ayah berangkat kerja
Raisa :"ayah...mau kemana?
Ayah :"mau kerja ca...
Raisa :"pulangnya jam berapa yah?"
Ayah :"belum tahu, ayah belum berangkat, udah ditanya pulangnya kapan, sama kaya bunda kamu ca..(sambil tertawa)

Siang...saat ayah kerja...saat mendengar adzan dhuhur
Raisa :"mama...ayah mana ma? Kok belum pulang..udah magrib kok"
Mama:" sabar ya nak..ini dhuhur bukan magrib"

Saat adzan ashar berkumandang
Raisa:"mama..ini udah magrib...ayah kok belum pulang2"
Mama:"sabar ya ca...ini masih ashar...InshaAllah bentar lagi"

Saat ayah pulang...
Raut muka raisa langsung terlihat gembira...
Raisa:"ayah...ayo yah beli susu"
Ayah:"nanti ya ca...ayah baru pulang"

Saat ayah menggoreng tempe sementara mama nemeni adek. Terlihat raisa mengikuti ayah ke dapur, lalu mulai terdengar suara ayah.
Ayah:"raisa sana dulu ya...ni ayah lagi goreng...panas ca...dapurnya sempit..sana dulu ya...main sama bunda sama adek. Dan raisa pun pergi...

Saat ayah selesai mandi dan leyeh-leyeh...
Terlihat ayah memegang hp, raisa mulai mendekati ayah dan minta pangku.
Ayah:" bentar ya ca...main sana dulu ya...ayah ngecek kerjaan dulu"(pekerjaan ayah memang berhubungan dengan hp)
Raisa:"aku mau sama ayah...aku mau lihat"
Merasa terganggu...ayah pun meminta raisa main yang lain dulu

Saat hari mulai malam, titi(tante) datang berkunjung. Raisa terlihat senang karena ada teman untuk bermain. Merasa ada angin segar, ayah mulai tiduran dikasur. Tak berapa lama, raisa mendekat dan mulai merengek "ayah, jangan bobok" "bentar aza ca, ayah capek banget", suara ayah mulai meninggi. Saya panggil raisa yang sudah mulai sedih dan coba saya jelaskan bahwa ayahnya capek dan ingin istirahat sebentar. Raisa mulai tenang dan mau bermain lagi dengan titi, namun masih terlihat gurat kesedihan diwajahnya.

Saya dekati ayahnya dan jelaskan kejadian dari pagi,"aku ngerti ayah capek, tapi raisa ki kangen yah...dari pagi, siang, sore nanyain terus". Seperti biasa ayah hanya terdiam. Tak lama ayah bangkit dan mulai mendekati raisa dan memeluk raisa..hmm..so sweet...aku juga mau yah, he..he..

Hari ini saya belajar satu hal, terkadang apa yang menurut kita sepele ternyata sangat besar artinya untuk anak. Mereka hanya mau kita ada dan hadir untuk mereka, tak perduli seberapapun lelahnya kita, seberapa banyaknya urusan kita. Yang mereka tahu, Ayah dan Mama ada selalu untukku.
Semoga kami bisa selalu istiqomah menghadirkan sepenuh diri kami saat bersama kalian anak2ku. Aamiin

Komentar

Postingan Populer